Inilah Manfaat Khasiat Daun Tapak Liman Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Khasiat Daun Tapak Liman Bagi Kesehatan Tubuh

Tapak liman (Elephantophus scraber L.) dikenal sebagai tanaman yang mudah tumbuh. Di beberapa daerah sering dinamakan tutup bumi, balagaduk, tapak tangan, atau talpak tana. Tapak liman ini dijadikan obat tradisional bagi beberapa penyakit manusia, dalam keadaan segar, kering, bahkan diekstraksi dan dimasukkan ke dalam kapsul. Bagian yang digunakan adalah semua tanaman, baik akar, batang, daun, maupun seluruh tanaman. Bagian daunnya juga cukup banyak berkhasiat untuk penyakit radang hingga hepatitis, selain itu juga digunakan sebagi antioksidan dan juga antibiotika.

Tanaman tapak liman tumbuh liar di lapangan rumput, pematang, kadang-kadang ditemukan dalam jumlah banyak, terdapat di dataran rendah sampai dengan 1.200 m di atas permukaan laut. Terna tahunan, tegak, berambut, dengan akar yang besar, tinggi 10 cm - 80 cm, batang kaku berambut panjang dan rapat, bercabang dan beralur. Daun tunggal berkumpul di bawah membentuk roset, berbulu, bentuk daun jorong, bundar telur memanjang, tepi melekuk dan bergerigi tumpul. Panjang daun 10 cm - 18 cm, lebar 3 cm - 5 cm. Daun pada percabangan jarang dan kecil, dengan panjang 3 cm - 9 cm, lebar 1 cm - 3 cm. Bunga bentuk bonggol, banyak, warna ungu. Buah berupa buah longkah, mempunyai bunga wama putih, bentuk daun bulat telur agak licin, mempunyai efek therapy yang sama, tapi khasiat penurun panas dan anti radang kurang poten. Lebih sering digunakan pada rheumatic dan anti kanker.

 Kandungan dalam daun tapak liman sangat bermanfaat bila di jadikan obat herbal bagi tubuh , dengan cara yang benar dan penggunaan yang tepat maka kandungan tersebut dapat diterima oleh tubuh dengan baik, meskipun tapak liman seolah seperti hama tanaman , lebih efektif dan efesien bila pemanfaatan dan pemeliharaanya di kelola dengan baik , bila anda mempunyai lahan kosong sedikit di pekarangan rumah anda, tapak liman nampaknya bisa diandalkan di lahan kosong anda dan dapat digunakan sebagai tabungan obat herbal untuk anda.


Berdasarkan pengetahuan empiris, masyarakat tradisonal mempercayai bahwa daun tumbuhan tapak liman (Elephantopus scaber) dapat menyembuhkan penyakit radang ginjal, radang rahim, partuis, dan kurang darah. Daun tanaman ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui yaitu antara lain : epifrielinol, lupeol, stiqmasterol, triacontan-l-ol, dotriacontan-l-ol, lupeol acetat, deoxyelephantopin, terpenoid, flavonoid dan isodeozyelephantopin.

Secara tidak langsung tanaman ini adalah sebagai hama pada tempat elite, tanaman ini sangat banyak dijumpai di jalan – jalan berhimpitan dipondasi , dan paling sering kita jumpai di lapangan sepak bola / lapangan tennis yang berada diluar / outdoor, tanaman ini sering di buang dan dibakar karena menggangu dan sangat membuat kesan kotor pada tempat – tempat tertentu , sungguh malang tanaman satu ini , masyarakat belum menyadari sepenuhnya tentang manfaat dan kandungan dari tanaman ini, bagi perusahaan herbal / jamu tradisional , tanaman ini sangat berharga karena sebenarnya kandungan dari tanaman ini sungguh luar biasa, tak sepadan dengan tempat bertumbuhnya tanaman ini sangat bertolak belakang, kandungan yang berfungsi sebagai obat membuatnya lebih baik dan berharga bagi mereka yang sudah mengetahui secara jelas akan manfaat tanaman tapak liman tersebut.

Tapak liman merupakan tanaman yang mudah tumbuh. Hal itu membuktikan bahwa tapak liman mudah ditemukan didaerah – daerah yang kering dan sedikit lembab / basah. Sebenarnya Tanaman ini sudah dikenal dalam pengobatan tradisional, sering digunakan sebagai penurun panas, antibiotik, anti radang, peluruh seni, menghilangkan bengkak, menetralkan racun, serta mengatasi hepatitis dan sirosis. Seluruh bagian tanamannya dapat digunakan sebagai obat.

Penyakit uang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Radang
Untuk mengobati radang, caranya dengan merebus tanaman tapak liman yang sebelumnya dikeringkan, kemudian direbus menggunakan air. Air hasil rebusan tersebut disaring lalu diminum.

Kurang darah (anemia)
Untuk menyembuhkan anemia, bisa menggunakan daun tapak liman yang dicuci sampai bersih. Setelah itu ditumbuk sambil ditambahkan air matang. Kocoklah juga sebutir kuning telur yang dicampur sesendok madu dan dicampur. Setelah itu bisa diminum sehari sekali sampai seminggu.

Hepatitis
Caranya dengan merebus tumbuhan ini dan meminum air hasil dari rebusan tadi. Hal itu akan membantu menyembuhkan penyakit hepatitis.

Cacar air
Caranya seperti diatas hanya saja saat merebus dicampur dengan kencur atau temulawak, kunyit, asam kawak, dan gula merah.Hal ini akan membantu menyembuhkan penyakit cacar air.

Mengobati nyeri haid
Potonglah tumbuhan tapak liman setelah itu dicuci sampai bersih. Potong juga temulawak, ditambah sesendok teh asam, kunyit, temulawak dan gula merah secukupnya. Rebus semua bahan tadi menggunakan 4 gelas air sampai tinggal tersisa 2 gelas. Minumlah ramuan tersebut setengah gelas 3 kali sehari.

Keputihan
Cucilah dan potong satu tanaman tapak liman yang segar, tambahkan seperempat geggam meniran, ¼ genggam sambiloto, kunyit, temu kunci dan daun sirih 3 lembar. Rebuslah menggunakan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minumlah setengah gelas 3 hari sekali.

Itulah yang bisa saya jelaskan tentang khasiat daun tapak liman bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti yang saya jelaskan di atas yang mengganggu kesehatan tubuh kita sahabat.